Kiat Jitu Bisnis Konveksi Bagi Pemula

Bisnis menjadi salah satu bidang yang makin digemari oleh banyak orang, baik dari kalangan bawah, menengah, maupun atas. Segala jenis bidang dikuasai oleh bisnis. Pemilihan tentang bisnis sablon kaos ini biasanya dilihat dari minat dan kebutuhan masyarakat akan kebutuhannya. Salah satu bidang yang menarik untuk digeluti adalah bisnis konveksi.

Berbisnis konveksi cukup menguntungkan. Alasan utamanya adalah karena pangsa pasar yang jelas. Sangat kecil kemungkinan Anda akan kehilangan pelanggan, karena sandang adalah kebutuhan primer  manusia. Jika Anda ingin memulai bisnis konveksi, berikut sekilas tentang bisnis ini dan kiat- kiat bagi Anda yang masih pemula.

Mengenal Bisnis Konveksi

Secara khusus, konveksi pakaian berarti segala jenis usaha yang bergerak di bidang pemenuhan kebutuhan sandang, baik itu pembuatan, penyempurnaan, maupun pendistribusian. Seperti yang telah dijelaskan, bisnis ini adalah bisnis yang tidak pernah loyo dan tidak akan kehilangan peminat karena pakaian merupakan kebutuhan setiap orang namun memerlukan teknik untuk sablon kaos. Biasanya konveksi melayani segala jenis permintaan sandang, baik itu kaos, kemeja, maupun jaket. Permintaan yang ditawarkan bisa dalam jumlah kecil atau besar, tergantung kebutuhan dari pembeli.

Usaha konveksi tidak sama dengan garmen. Pada usaha garmen, terdapat kelompok kerja yang mengerjakan sub bagian tertentu. Ada tim kerja yang khusus membuat kerahnya, ada yang khusus mengukur dan memotong kain, dan lain- lain. Sementara itu, konveksi menerapkan sistem kerja yang berbeda. Setiap orang harus bisa menyelesaikan satu pakaian, mulai dari proses pemotongan sampai penyempurnaan.

Tips Memulai Bisnis Konveksi 

Bagi Anda yang berminat menggeluti bisnis ini, ada beberapa tips yang diharapkan dapat berguna untuk Anda :

a.     Tentukan jenis usaha konveksi Anda, apakah bergerak di bidang pembuatan baju anak- anak, dewasa, kantoran, atau gabungan dari beberapa bidang sekaligus. Hal ini dilakukan agar Anda dapat membidik konsumen dengan tepat sehingga usaha Anda lebih cepat berkembang.

b.    Siapkan modal usaha. Perhitungkan segala hal dengan matang, mulai dari pengeluaran untuk bahan, gaji karyawan, biaya operasional, dan sebagainya.

c.     Rekrut karyawan yang bisa bekerja dengan baik di bidangnya. Ada baiknya Anda merekrut karyawan yang telah memiliki latar belakang menjahit, sehingga Anda tidak perlu mengajarkan hal yang sama berulang- ulang.

d.    Jadilah kreatif. Ciptakan desain pakaian yang unik untuk dipromosikan. Bisa dari model ataupun motifnya. Jangan takut dalam berkarya, carilah berbagai referensi dari majalah mode untuk menambah wawasan Anda.

e.     Berani bersaing dalam harga dan bahan. Pastikan memilih bahan yang paling baik dari berbagai jenis kain. Monitorlah patokan harga dari “pesaing” Anda. Beri harga yang kompetitif, tapi jangan sampai merugikan.

f.     Promosi dan Pengemasan. Manfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan usaha Anda. Dalam pengemasan, pastikan Anda mengemasnya dengan rapi dan jangan lupa memberi label untuk mengenalkan produk Anda pada orang lain.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments are closed.