Jenis Bahan Kaos

Walaupun hampir setiap hari kita mengenakan kaos, banyak diantara kita yang belum mengetahui tentang jenis kain atau jenis bahan kaos. Bagi yang sudah mengetahui jenis-jenis sablon kaos, sering kali susah untuk membedakan jenis bahan kaos antara satu dengan yang lain. Jika kita mengalami hal serupa, jangan khawatir, artikel ini akan membahas jenis bahan kaos.

Jenis bahan sablon kaos yang beredar di pasaran cukup banyak. Jenis bahan-bahan kaos yang sangat umum ditemukan adalah  TC, Cotton Carded, Cotton Combed, PE, Hyget.

kaos polos

1. COTTON, ada 2 macam berdasarkan spesifikasi benang:

A. COTTON COMBED:
Serat benang lebih halus.
Hasil Rajutan dan penampilan lebih rata

B. COTTON CARDED:
Serat benang kurang halus.
Hasil rajutan, tekstur dan penampilan kurang rata.

Sifat kedua jenis bahan tersebut sangat baik untuk menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

2. TC (TETERON COTTON)

Jenis bahan ini adalah campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester (Teteron) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan pemakai. Sedangkan untuk kelebihan dari jenis bahan TC lebih tahan dan kuat ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.

3. CVC ( COTTON VISCOSE)

Jenis bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan CVC juga baik untuk menyerap keringat.

4. POLYESTER dan PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya yang terbuat dari plastik, maka jenis bahan Polyster ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya

5. HYGET

Jenis bahan ini juga terbuat dari plastik, namun agak lebih tipis dari Polyster. Sering sekali digunakan untuk kaos partai karena harganya yang sangat murah.

Pada penjelasan mengenai bahan kaos diatas pada umumnya dipakai untuk kaos polos oblong sedangkan untuk penggunaan kaos yang memakai kerah, pada umumnya disebut dengan kaos polo menggunakan bahan ini biasa disebut dengan LACOSTE. Bahan LACOSTE sendiri adalah sebuah merek kaos yang banyak menggunakan bahan ini. Selain bahan lacoste, yang banyak menggunakan jenis bahan ini adalah POLO RALPH LAUREN.

Namun di pasaran bahan antara penjual yang satu dan yang lain sangat berbeda dikarenakan proses pada pabrik juga berbeda. Untuk kualitas yang maksimal pastinya mempunyai harga yang lebih tinggi dari pada kaos yang memiliki kualitas lebih rendah. dan tentunya memiliki cara merawat kaos sablon yang berbeda pula.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments are closed.