Ragam Kain Katun

Hidup di negara berikilim tropis membuat masyarakat Indonesia mudah berkeringat. Oleh sebab itu, kebanyakan dari mereka senang mengenakan pakaian berbahan dasar katun. Kain katun sendiri adalah hasil dari rajutan kapas dengan jenis-jenis benang untuk kaos yang sangat baik untuk sablon kaos manual ataupun sablon digital. Selain menyerap keringat, kain katun juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti tidak mudah kusut atau lecek setelah dicuci. Kain katun yang berwarna juga tidak luntur ketika dicuci. Kain jenis ini menjadi primadona bagi pengusaha sablon karena sifatnya yang sangat mudah bekerja sama dengan proses sablon. Jenis-jenis bahan katun memiliki beberapa ragam seperti berikut.

bahan kaos polosKatun Karded

Kain katun karded adalah jenis katun yang memiliki harga murah. Hal ini disebabkan oleh tidak disisirnya kain ini saat proses finishing sehingga masih seringnya serat-serat kapas tertinggal dalam kain ini.

Katun Lacoste

Untuk membuat kaos sengan kerah, kain katun acoste menjadi pilihan utama. Ketebalan yang dimiliki kain ini sangat cocok untuk bahan kaos kerah yang diminati konsumen. Kain katun lacoste juga sering disebut kain adidas oleh beberapa produsen.

Katun Pique

Sama seperti katun lacoste, kain katun pique juga biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kaos berkerah. Biasanya produsen membeli kerah yang sudah jadi di pabrik lain sehingga tidak perlu membuat kerah sendiri dari bahan katun kombed atau lainnya dan menambahkan helaian kertas menyerupai kerah di dalam jahitannya.

Katun Kombed

Jenis katun ini sering ditemui dalam produksi kaos distro. Seratnya yang lembut membuatnya menjadi favorit para konsumen. Berbeda dengan katun karded, katun kombed mengalami proses penyisiran ketika finishing sehingga tidak ada serat-serat yang tertinggal lagi. Terdapat beberapa macam katun kombed, yaitu 20s, 30s, dan 40s. Angka tersebut untuk menunjukkan ketebalan kain. Semakin kecil angkanya, semakin tebal kainnya. Huruf di belakang angka untuk menunjukkan kualitas jahitan, ā€˜sā€™ untuk jahitan tunggal atau single, dan ā€˜dā€™ untuk jahitan ganda atau double. Hal yang membedakan kedua jenis jahitan ini adalah kerapatan dan kelenturan pada kaos. Kebanyakan kaos yang beredar di pasaran menggunakan jahitan tunggal, sedangkan untuk pakaian bayi biasanya menggunakan jahitan ganda karena kainnya lebih kenyal dan lentur.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments are closed.