Sablon Digital: Cetak Cepat Tanpa Cacat

Perkembangan teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia. Setiap hari ada saja peralatan elektronik baru yang muncul dengan kegunaan yang semakin mumpuni. Banyak peralatan manual yang fungsinya telah digantikan oleh peralatan digital, yang dianggap praktis dan efisien. Kemajuan ini dirasakan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah percetakan.

Sejarah Mesin Cetak

Mesin cetak pertama di dunia diciptakan oleh Johanes Guttenberg pada tahun 1450- an. Kala itu, mesin cetak hanya dapat digunakan untuk membuat buku. Ia harus mengukir sendiri blok- blok kayu yang berbentuk huruf. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang memperbaiki dan menambah fungsi dari mesin cetak. Era digital semakin menyempurnakan mesin cetak, yang sekarang dikenal dengan sebutan printer. Alat ini telah digunakan selama beberapa dekade. Keberadaan printer memang memudahkan orang untuk mencetak file digital di lembaran- lembaran kertas.

Keberadaan printer ternyata tidak hanya digunakan untuk mencetak buku. Baliho dan spanduk yang dahulu masih dibuat secara manual kini juga bisa dicetak lewat printer. Model dan ukurannya pun lebih variatif dan menarik, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk membacanya. Baru- baru ini, pencetakan sablon kaos dengan printer juga sedang marak. Banyak konveksi yang menyediakan jasa sablon kaos digital. Cara ini dianggap lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan sablon manual.

sablon digital jakartaBagaimana Mencetak Sablon Digital?

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pencetakan adalah printernya. Printer yang digunakan tentu saja bukan sembarang printer, tapi printer dengan jenis DTG (Direct to Garment). Desain sablon kaos dapat dibuat di komputer lewat software yang kompatibel. Pencetakan dapat melalui dua cara :

a.     Menggunakan Transfer Paper

b.    Menggunakan tinta sublime

Dari kedua cara tersebut, pencetakan dengan tinta sublime dapat menjaga keawetan sablon lebih lama karena tinta lebih menyerap pada kaos. Proses ini juga cenderung cepat. Hanya dalam waktu 1 jam, Anda sudah dapat menikmati hasil kaos buatan Anda. Pada penyablonan manual, dibutuhkan waktu kira- kira 10 hari. Sablon digital juga lebih murah, karena bahan yang digunakan tidak sebanyak kelebihan sablon manual.

Demikian penjelasan singkat mengenai sablon digital. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda ya.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments are closed.