Sablon Manual VS Sablon Digital

Munculnya berbagai macam gambar atau tulisan di atas sehelai kaos adalah hasil dari sebuah proses yang dinamakan sablon. Cara sablon kaos itu sendiri memiliki dua ragam jenis, yaitu sablon kaos manual dan sablon kaos digital. Kedua jenis cara sablon kaos ini telah berkembang dari awal mereka tampil di dunia sablon. Sebenarnya hal-hal apa saja yang berbeda dalam kedua jenis cara sablon kaos ini? Yuk, cari tahu!

Sablon Manual

Cara sablon kaos ini membutuhkan beberapa langkah yang cukup rumit tetapi tetap menyenangkan untuk diikuti, jenis sablon ini banyak digunakan untuk kaos promosi perusahaan-perusahaan. Peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu berat, artinya Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Yang kita butuhkan adalah papan, screen, busa, rakel (alat penggesut), sabun, tinta yang diperlukan dalam gambar atau desain, dan kain kaos itu sendiri.

sablon digital jakartaLangkah pertama adalah menyiapkan gambar atau desain yang hendak disablon pada kaos. Cetak gambar tersebut dalam sehelai kertas. Hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum proses sablon adalah screen. Cara untuk menghasilkan screen yang sempurna adalah screen harus benar-benar dalam kondisi kering dan bersih agar tidak mengganggu proses sablonnya nanti. Gambar yang sudah dicetak tadi diolesi minyak supaya menjadi tembus pandang sebelum diletakkan di atas screen.

Langkah kedua adalah pembuatan film. Setelah gambar atau desain diletakkan di atas screen, siapkan kain hitam dan busa untuk melakukan penyinaran di bawah matahari. Hal ini membutuhkan waktu singkat saja, sekitar 5 detik maksimal, agar pembuatan film tidak gagal.

Setelah film siap, proses sablon pun dimulai. Karena bersifat manual, penggesutan dilakukan dengan rakel oleh kedua tangan sendiri. Tinta yang diperlukan dituang ke atas screen lalu kemudian digesut. Perlu kecepatan dan ketepatan dalam proses sablon manual, karena jika tidak hasilnya akan menjadi kurang baik. Seperti misalnya tinta luber atau gambar tidak terlapisi sablon secara utuh.

Sablon Digital

Jenis cara sablon kaos ini tergolong cukup mudah namun dibutuhkan modal yang cukup untuk membeli peralatannya. Teknik yang digunakan dalam sablon digital adalah teknik sublimasi. Dengan teknik ini, Anda dapat membuat satu kaos dalam beberapa menit saja. Cukup dengan memasukkan gambar yang dicetak secara pantulan dalam mesin sablon dan dikombinasikan dengan tinta sublimasi. Jepit kaos ke dalam mesin dengan waktu dan suhu yang ditentukan berdasarkan ketebalan dan jenis kain kaos tersebut. Lepas kertas yang ditempel bersama kaos tadi, dan satu kaos bersablon telah siap.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments are closed.