Sejarah Sablon Kaos

sablon DTG murah

China mengawali adanya sablon kaos, tepatnya pada Dinasti Song. Lalu negara-negara lain khususnya di Asia mulai mengembangkannya dengan cara lain dan teknik yang baru. Sejarah Sablon Kaos mulai dikenalkan di wilayah Eropa Barat pada tahun 1700 M, tetapi belum terlalu berkembang pesat. Sejarah Sablon kaos mulai dikenal semenjak munculnya kain sutera dan mulai banyak dijual pasar pada zaman tersebut. Pada saat itu sablon kaos tersebut digunakan untuk menghias kain sutera.
Lalu Sablon Kaos di patenkan di Inggris

Sablon Kaos pertama kali dipatenkan di Inggris oleh Samuel Simon pada tahun 1907 M. Pada awalnya, penyablonan peruntukannya digunakan sebagai metode untuk melakukan pencetakan pada kertas dinding (wallpaper), pencetakan sprei, sutra, atau bahan – bahan kain lainnya yang memiliki kualitas tinggi.

Kemudian para seniman memunculkan sulusi untuk biaya cetak yang mahal dengan teknik sablon. Karenanya teknik sablon dapat dilakukan berkali-kali dan menghemat biaya produksi. Penyablonan saat ini sangat terkenal dan sangat sering digunakan untuk mencetak suatu gambar pada sablon kaos, plastik, topi, DVD, keramik, CD, polyetilen, kain polos, polypropile, kertas, logam, kaca dan kayu, bahkan karton dengan berbagai jenis tinta sablon manual.

Sebagai hasil komersil, sablon juga bisa dibilang suatu seni. Maka mulai muncullah nama Serigrafi pada tahun 1930 M, agar sebagai pembeda antara seniman dengan mereka yang berkerja atau yang bergerak di bidang penyablonan industri komersial. Serigrafi berasal dari bahasa Latin, yaitu “Seri” (sutra), dan bahasa Yunani “graphein” (menulis atau menggambar).

Andy Warhol merupakan seniman Amerika yang menggunakan sablon untuk suatu seni, dia mencetak foto Marlyn Monroe dengan warna yang mencolok.

Pada saat sekarang ini sablon kaos sudah semakin berkembang lagi salah satunya karena Michael Vasilantone mengembangkan suatu teknik sablon lebih dari satu warna, khususnya untuk industri kaos polos. Mulai tersedianya grosir kaos polos dan konveksi kaos polos yang dijual di pasaran membuat semua orang bisa mencetak sablon kaos sablonnya sendiri. Akhirnya sablon kaos mulai menuju ke dunia digital. Pada kali ini memunculkant teknik terbaru menggunakan teknologi printer direct to garment (DTG) merupakan perkembangan dari proses cetak sablon. Teknologi ini akan terus berkembang, dan teknik print sablon kaos selalu berkembang dengan penemuan-penemuan yang baru.

sablonsukasuka

sablonsukasuka

jasa sablon kaos murah
sablonsukasuka

Latest posts by sablonsukasuka (see all)

Comments

Sejarah Sablon Kaos — 1 Comment

  1. Pingback: Sablon Digital Cetak Cepat Tanpa Cacat | SablonSukaSuka.com